Jumat, 27 Maret 2015
3 komentar

Profil Pesantren Islam Al Muttaqin Jepara

03.16
Ponpes ini terletak relatif jauh dari pusat kota Jepara, Jawa Tengah. Namun, untuk menemukan ponpes yang terletak di Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara ini, tidaklah sulit. Nama Ponpes ini dikenal oleh warga di Kecamatan Kedung. Berada di lahan sekitar 2 hektar, saat ini Ponpes tersebut memiliki sekitar 750 santri yang berasal dari kabupaten atau kota dari berbagai pelosok nusantara, termasuk NTB dan NTT.

Usia pondok ini tidak setua Ponpes Ngruki. Pondok ini baru berdiri tahun 1988 dan sudah mengantongi izin secara sah sebagai lembaga pendidikan. Ponpes ini terdiri dari dua jenjang pendidikan, yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang setara SMP dan Madrasah Aliyah (MA), setara dengan SMA.

Di depan pos jaga, ada ruang tamu terbuat dari kayu yang cukup sangat unik. Plang di depan ruangan bertuliskan 'Ruang Tamu' itulah yang menandaskan tempat merupakan tempat untuk menyambut orang luar pondok yang hendak bersilaturrahmi. Di samping ruang tamu, ada masjid yang cukup bersih. Beberapa santri nampak membaca al-Qur'an. Maklum, di bulan puasa ini, mereka diminta oleh ustadnya untuk memperbanyak amal sholeh, baik dengan membaca al-Qur'an maupun berdzikir.

Berikut Visi dan Misi Pesantren Islam Al Muttaqin Jepara :

Visi :


“Lembaga pendidikan Islam yang mampu mewujudkan kader mu’allim dan da’i, yang menguasai qowa’idullughoh, beraqidah salimah, beribadah shohihah, berakhlaq karimah dan memiliki kesanggupan untuk berperan serta dalam iqomatuddien”

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah sesuai dengan manhaj salafusshaleh
  2. Menanamkan aqidah salimah, ibadah shohihah dan akhlaqul karimah
  3. Membekali peserta didik dasar-dasar kecakapan hidup
  4. Membentuk generasi yang memiliki kesadaran mengamalkan Islam secara kaffah
  5. Menyiapkan peserta didik untuk berperan serta dalam iqomatuddien
  6. Membiasakan akhlaqul karimah dan pola hidup sederhana
Program Pendidikan : 


  1. Unit Mu’allimin (putra), mendidik lulusan SD/MI selama 6 tahun. Setingkat SMP/SMA
  2. Unit Mu’allimat (putri), mendidik lulusan SD/MI selama 6 tahun. Setingkat SMP/MTs
  3. Unit Takhossus (putra/putri), mendidik lulusan SMP/MTs selama 4tahun. Setingkat SMA/Aliyah
  4. Unit TSIS (putra), mendidik lulusan SMA/Aliyah selama 2 tahun. Setingkat D 2

Berikut Cuplikan Profil Pesantren Islam Al Muttaqin Jepara :


3 komentar:

  1. Asslamualaikum wr wb

    Untuk pondok Al-Muttaqin (sowan kidul ,JEPARA)

    Pondok yg baik islamnya ... namun alangkah baiknya bila disana ada solawat kepada baginda besar nabi muhammad s.a.w .
    Pondok yg bisa membuat orang lancar dan faseh dalam berbahasa arab . Salut buat para mudabir dan para ustad yg semangat mengajarkan agama suci yg di ridoi allah s.w.t ... semua teriakan takbir masih berdengung di telingaku . Semua canda, tawa, susah, senang masih ada di ingatanku andai kata waktu bisa diputar ulang aku tidak ingin pergi dari sana .
    Namun apa dayaku , mungkin allah punya jalan lain ... aku disini sedang ada perang , perang yg sangat dahsyat , terutama perang terhadap "MUNGKAR". Untuk menjaga kehormatan agama yg kalian pelajari dengan susah payah ,untuk sodara" ku yg masih bertahan disana . Jangan pernah hilangkan kalimat takbir didalam hati kalian ... semangat islam kalian tak akan pernah hilang ... TAKBIR !!!
    Sekian wasallamualaikum wr wb

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum ,alhamdulillah. Jazakallah khairan. para ustd yg telah mendidik ana, di ponpes ini ana merindukan antum semua.ana ingin sekali ketemu dgn teman2, seangakatan dgn ana, sekarang anda kehilangan jejak mereka, untuk ikhwan mengenal ana, ini wa ana 082390400822.ana merindukan antum2 semua.sekian assalamu alaikum wr wb.

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top