Selasa, 17 April 2012
0 komentar

Cara Menyegarkan Otak

20.08
Seseorang perlu menyegarkan kembali pikiran dan otak agar bisa berfungsi secara optimal. Berikut  cara sederhana untuk menyegarkan otak : 

  1. Mendengarkan musik yang menenangkan sangat bermanfaat sebagai sumber daya mental.  
  2. Melakukan latihan atau aktivitas fisik bisa merangsang tenaga dan menyegarkan pikiran disamping manfaat kesehatan lainnya.  
  3. Tertawa merupakan obat yang paling baik untuk melawan kebosanan, karena meningkatkan suasana hati (mood) dan rasa kesejahteraan.  
  4. Melakukan latihan mental seperti melakukan mainan puzzle atau teka teki silang, karena otak sangat menyukai permainan seperti itu, menyenangkan serta memperkuat otak.  
  5. Melakukan sosialisasi, interaksi manusia bisa menjaga pikiran agar tetap segar, karenanya cobalah mengobrol atau berbicara dengan teman-teman mengenai suatu hal selain situasi yang dialami saat itu.  
  6. Tidur siang sejenak, hal ini tidak hanya menyegarkan pikiran tapi bisa menjadi fondasi yang kuat dalam hal produktivitas.  
  7. Mencium sesuatu yang menyenangkan, aroma seperti dari lilin aromaterapi atau bau secangkir kopi panas bisa membantu menyegarkan pikiran yang membuatnya dapat bekerja lebih baik.  
  8. Melakukan pemijatan, pijat adalah cara sempurna untuk meredakan ketegangan dan mengurangi stres.  
  9. Berendam di air hangat bisa membantu membuat otot dan pikiran jadi rileks.  
  10. Melamun, untuk jangka waktu singkat melamun bisa mengembangkan daya imajinasi dan menyegarkan pikiran, asal jangan kelewat batas, sehingga membuat seseorang bisa lebih fokus melakukan pekerjaan. 
  11. Pergi ke mall dengan tujuan cuci mata dapat membuat pikiran rileks. Disebabkan banyaknya warna serta music yang dapat meningkatkan produksi energi bahagia. 
  12. Berenang dapat merilekskan tubuh menuju kondisi tenang walau hanya sekedar mengapung sambil menatap langit. 
  13. Makan es krim cokelat yang mengandung phenylethylamine dapat meningkatkan produksi serotonin yang dapat menenangkan otak. 
  14. Membaca kisah inspirasi dari berbagai artikel kehidupan, selain dapat menstimulir otak dan memicu pelepasan hormon oxytocin juga meningkatkan kualitas tidur. 
  15. Bernyanyi. Sebuah studi menunjukkan dengan menyanyi akan menciptakan vibrasi yang dapat meningkatkan endorphin yang dapat menenangkan. 
  16. Last but not least. Sebagai muslim, kita tentu bisa berjeda dengan mentadabburi Al-Qur'an dan mendengarkan tausiyah yang menentramkan dan memotivasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top