Selasa, 10 Februari 2015
0 komentar

OneDayOneJuz ( ODOJ )

17.36
Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda; 
“Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya di hari kiamat” (H.R Muslim)

Tak kenal maka ta……aruf, bro ! Kalau tak kenal maka tak akan dapat sayang, tapi kalau sudah sayang duluan sebelum kenal ? Mungkin para ODOJer itulah jawabannya, karena kebanyakan yang tertarik ikut ODOJ karena programnya yang unik. Join dulu baru ta’aruf. Yuuk mari kita ikuti ODOJ yang akan membagi kisahnya yang berawal dari segelintir orang,hingga kini mencapai puluhan ribu orang yang mengikatkan diri pada ODOJ#OneDayOneJuz.

IDE AWAL LAHIRNYA GERAKAN ODOJ

Sebenarnya banyak pribadi muslim sejak dulu sudah menargetkan tilawah satu juz sehari. Namun banyak pula yang mengalami kendala dalam mengatur waktu antara tilawah dan kesibukan sehari- hari, karena di negeri Indonesia yang mayoritas adalah penduduk muslim ini atmosfer kedekatan dengan Al Quran alias tradisi khataman hanya terjadi pada bulan Ramadhan.

Akhirnya pada tahun 2007 muncullah sebuah ide program “One Day One Juz” alias satu hari satu juz Al Quran. Pada awalnya, gerakan One Day One Juz digerakkan oleh Bhayu Subrata dan Pratama Widodoatas kesadaran dan kepedulian mereka pribadi.Perkenalan program One Day One Juzdisebarluaskan dan dipublikasikan menggunakan fasilitas short message service (sms) dengan caraBhayu mengirimkan SMS broadcast berupa nasihat tentang Quran untuk mengaji satu hari satu juz dan membuat buletin untuk disebarkan.Bhayu jugamembuat buku saku yang berisi kumpulan doa-doa harian. Pada halaman awalnya diselipkan ajakan untuk setiap hari tilawah satu juz. Buku saku tersebut dibagikan sebagai souvenir pada pernikahan Bhayu.

Sedangkan Widodo, partner Bhayu, ditahun yang sama hingga 2009, membangun fanspage One Day One Juz di facebook dengan harapan program One Day One Juz tidak hanya berhenti di buku saku saja, tapi bisa mengjangkau seluruh pelosok Indonesia dan seisi dunia. “Teknik mudah baca Al Quran harian yaitu dengan menggunakan rumus 2×5, membaca 2 lembar setelah sholat fardhu (5 waktu) makaInsya Allahakan khatam 1 juz dalam 1 hari. Ajak dan motivasi teman anda untuk melakukan yang sama dan buatlah komunitas One Day One Juz” yang tertulis dalam fanspage yang dirintis Widodo tersebut kini resmi menjadi fanspage ODOJ pusat.

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ODOJ

Pada tahun 2010 ODOJ dikembangkan dengan metode whatsapp yang diperkenalkan oleh sekelompok alumni mahasiswa dari perguruan tinggi di Surabaya pada bulan September, dan  dengan metode ini segenap aktivis Rumah Quran Depok juga ikut menyebarluaskannya. Metode ODOJ dengan media whatsapp ini dengan sistem ada 30 orang dalam satu grup whatsapp yang kemudian juga berkembang melalui grup dalam blackberry message (bbm). 

Kemudian tahun 2012, Ricky Adrinaldi terinspirasi menggunakan metode ODOJ untuk mempermudah tilawah Al Quran dengan target satu juz setelah mengetahui adik iparnya, Fatma, yang tergabung dalam group ODOJ Aktifis Rumah Quran. Kemudian Ricky mengimplementasikan program ODOJ dalam satu kelompok yang terdiri dari gabungan beberapa teman dalam kelompok liqo’(pengajian rutin) pada  tanggal 15 Oktober 2013 dengan anggota belum genap 30 orang. 

Pada tanggal 1 November barulah member lengkap 30 orang, sehingga lahirlah grup ODOJ Ikhwan 1 dan memulai tilawah pada 2 November 2013. Bismillah…dari satu grup ODOJ ikhwan 1 tersebut muncul ide-ide untuk mengembangkan ODOJ. Pada tanggal 4 November 2013, dibentuk kepengurusan ODOJ kecil dengan nama “ODOJ support team”yang mencoba mengembangkan sistem berbasis website sebagai sarana promosi ODOJ dan juga sistem whatsapp One Day One Juz (WA ODOJ) bebasis Android untuk menjaga semangat tilawah pribadi dan grup seperti program kholas awal, khatam lebih awal, reward grup, dsb.

Selanjutnya pada tanggal 11 November 2013, diadakan soft launching gerakan ODOJ di Mesjid Baitut Tholibin Kemdikbud Jakarta. Ketika hendak membangun website dan membeli domain www.onedayonejuz.org, pengurus terlebih dahulu mencari tahu apakah domain serupa telah ada atau tidak sebelumnya. Ternyata sebelumnya sudah ada domain www.onedayonejuz.com yang dimiliki oleh Fajar dan juga telah memiliki akun @onedayonejuz di twitter. 

ODOJ Support Team pun bersinergi dengan Fajar dan resmilah akun twitter dan website ODOJ yang sebelumnya telah ada untuk menjadi akun dan domain resmi ODOJ. LOGO ODOJ Tidak hanya domain, logo one day one juz yang sebelumnya telah beredar di dunia maya juga ditelusuri oleh “ODOJ Support Team” yang ternyata dirancang oleh Bhayu Subrata (www.bayubarata.blogspot.com).ODOJ Support Team pun meminta izin penggunaan logo tersebut sebagai logo resmi ODOJ, dan kian beredarlah ODOJ dengan logo tiga warna, yakni merah, hijau dan hitam.

Dan saat ini, ODOJ sedang membangun sebuah sistem informasi yang cukup canggih berupa mobile app sebagai pengganti whatsapp nantinya, juga forum Al-Quran sebagai media pembelajaran dan silaturahim odojers serta Media sosial ODOJ. Tujuan utama nya adalah untuk mengelola ODOJ yang berbasiskan Teknologi Informasi, Mudah, Simpel serta semua umat islam bisa memakai dan mengikutinya.

Sumber : http://www.onedayonejuz.org/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top