Rabu, 21 Januari 2015
0 komentar

Sejarah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

03.25

Fakultas Teknik UniversitasMuhammadiyah Jakarta (FT UMJ) berdiri pada tahun 1963 dan dalam perkembangannya, telah mendapatkan status Akreditasi untuk seluruh Program Studi S1. FT UMJ menyadari bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu tugas mulia guna mencerdaskan bangsa.

Dalam menghadapi era globalisasi dan meningkatnya teknologi di berbagai sektor,FT UMJ mampu menghadapi tantangan tersebut dengan mencetak lulusan, dengan motto "Unggul dalam IPTEK dan Kokoh dalam IMTAQ". Alumni FT UMJ dirancang dapat bekerja mandiri dan berjiwa wirausaha sehingga dapat membuka lapangan kerja, hal ini sejalan dengan era globalisasi serta otonomi daerah.

Ajaran Islam memerintahkan kepada para pemeluknya untuk  menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), supaya memberikan kemudahan dalam memahami ke Maha Kuasaan Allah serta dalam melaksanakan tugas-tugas ke-Khalifahan di muka bumi.

Menyadari perkembangan iptek yang sangat pesat dan menyadari pentingnya penguasaan umat Islam di bidang ini, maka sekelompok sarjana teknik di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah merencanakan untuk membuka Fakultas Teknik di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Pada tanggal 27 Agustus 1963, terwujudlah idealisme dan cita-cita para sarjana tersebut dengan dibukanya secara resmi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta yang terdiri atas 2 jurusan, yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Elektro.

Setelah melalui perjalanan yang panjang, Fakultas teknik UMJ menambah jurusan baru yaitu Jurusan Teknik Kimia dan Teknik Mesin pada tahun 1974. Pada tahun 1975 Fakultas Teknik UMJ baru dapat menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dengan ditempatinya kampus di Jalan Cempaka Putih Tengah 27 Jakarta Pusat. Dalam perkembangan selanjutnya lahirlah Jurusan Teknik Industri dan Jurusan Arsitektur pada tahun 1978 dan Jurusan Teknik Informatika pada tahun 1993 serta 1 (satu) program D3 yaitu D3 Otomotif dan Alat Berat (D3-OAB).

Saat ini Fakultas Teknik Universitas muhammadiyah Jakarta memiliki 7 jurusan (program studi) S-1 yaitu : Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Jurusan Arsitektur serta Jurusan Teknik Informatika, serta ada 1 program D3, yaitu D3 otomotif dan Alat Berat (D3-OAB).

Sumber :
http://ftumj.ac.id/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top