Kamis, 01 Januari 2015
0 komentar

PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero)

18.57

Sejarah Perusahaan
PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri kapal yang didirikan pada tahun 1990, merupakan hasil merger (pengabungan) dari 4 (empat) industri galangan kapal yang terpadu untuk meningkatkan kinerja. 4 (empat) industri galangan kapal tersebut adalah  PT Dok & Perkapalan Tanjung Priok (Persero) berdiri tahun 1891 dan PT Kodja (Persero), PT Pelita Bahari (Persero) dan PT Dok & Galangan Kapal Nusantara (Persero) yang ketiganya berdiri pada tahun 1964. Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No.59 tanggal 13 desemeber 1990 dengan akte notaris Ny. Sulami Mustafa No.2 tanggal 1 Maret 1991 dan Peraturan Pemerintah No. 13 tanggal 16 Maret 1992.

Penggabungan / merger tersebut ditunjukan untuk menkonsolidasi dan mensinergikan industri-industri perkapalan, untuk dapat lebih meningkatkan produktivitas dan transaksi bisnis pada skala yang lebih besar bersama dengan persaingan yang lebih tinggi. 

PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) berkantor pusat di Jalan Sindang Laut No 101, Cilincing, Jakarta Utara memiliki 4 (empat) Galangan yang terletak di Jakarta yaitu Galangan I, II, III dan Galangan Paliat serta 6 (enam) Cabang yang tersebar di luar Jakarta yaitu Cabang Sabang, Cabang Batam, Cabang Palembang, Cabang Cirebon, Cabang Semarang dan Cabang Banjarmasin serta memiliki 2 (dua) Anak Perusahaan yaitu PT. AIRIN yang bergerak dibidang depo peti kemas dan pergudangan sedangkan PT. Kodja Terramarin bergerak dibidang chemical product dan perdagangan umum.

Tujuan Perusahaan
Sesuai dengan Anggaran Dasar PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Perssero) perusahaan didirikan dengan tujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah di bidang Ekonomi dan Pembangunan Nasional pada umumnya, khusunya di bidang perencanaan, pembangunan, perbaikan, pemeliharaan kapal-kapal, alat-alat apung dan konstruksi bangunan lepas pantai serta pekerjaan jasa penunjang terkait dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan antara lain mencari keuntungan, meningkatkan nilai (value creation) bagi pemegang saham, membayar pajak bagi negara, memberikan kesejahteraan bagi karyawan, memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, berperan serta dalam pembangunan nasional pada umumnya.
Adapun tujuan lain dari perusahaan ini adalah :

1. PT DKB bertekad menjadi salah satu perusahaan perkapalan dan sarana lepas pantai yang terkemuka di pasar domestik dan bersaing di pasar regional serta mengembangkan cabang-cabangnya di berbagai wilayah Indonesia

2. Menguasai pangsa pasar domestik di sektor pemeliharaan & perbaikan kapal dan pembangunan kapal baru sampai dengan 400.000 DWT, melalui keunggulan QCDS (Quality Cost Delivery and Services).

3. Mengembangkan perusahaan agar unggul dalam persaingan di pasar ASEAN di Sektor Pembangunan Kapal Baru, Pemeliharaan & Perbaikan Kapal s/d 400.000 DWT dan Sarana Lepas Pantai baik fabrikasi pemeliharaan & perbaikan untuk sarana pendukung operasional kapal s/d 350.000 DWT (SBM, SPM, dll) melalui keunggulan QCDS dan SHE (Quality, Cost, Delivery and Services & Safety Health Environment).

4. Mendorong kemampuan penguasaan teknologi dan kemandirian dalam mendukung peningkatan kemampuan industri pelayaran nasional dan sistem transportasi laut nasional melalui pengembangan sarana dan fasilitas produksi serta kualitas SDM.

5. Melaksanakan restrukturisasi secara bertahap guna mewujudkan perusahaan yang sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top