Rabu, 03 April 2013
0 komentar

KH Abunjamin Roham : Kristolog Benteng Akidah Telah Berpulang

03.05

JAKARTA (voa-islam.com) - Telah berpulang ke rahmatullah, KH. Abujamin Roham, yang selama ini dikenal sebagai Kristologi. Banyak karya-karya yang ditulisnya membedah kesesatan iman Kristiani. Berita yang diterima voa-islam, almarhum meninggal di rumah duka di bilangan Rawamangun, Jakarta, pada Ahad malam, pukul 22.00 WIB. Beliau meninggalkan satu istri (Hj. Nurmali) dan 4 putri 1 putera.

Semasa hidupnya, Ustadz Abujamin Roham senantiasa berdakwah membentengi akidah umat Islam dari ajaran Kristiani yang menyesatkan. Kapasitas beliau di bidang dakwah adalah spesialis Kristologi dan ilmu perbandingan agama (ketauhidan) yang banyak mengkritisi ajaran Kristiani. Karya beliau yang terakhir adalah “Dakwah Islam: Benteng Aqidah Lintas Agama” (Penerbit Intermasa).

Tercatat, Ustadz Abujamin Roham pernah aktif disejumlah ormas Islam, diantaranya menjadi anggota Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), anggota Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, dan Pembina Perguruan Islam Al Azhar –Pondok Labu, Jakarta. Almarhum juga pernah menjadi wartawan Harian Abadi era 1968.

Beliau merupakan kawan seperjuangan Kristolog lainnya, seperti KH Abdullah Wasi'an, Abu Deedat, Insan Mokoginta, Sanihu Munir, Hj Hindun Mubarok, dan para kristolog lainnya.

Sekilas Abujamin Roham
Drs. H. Abujamin Roham lahir di Karangdapo, Rawas Ilir Lubuk Linggau, Palembang, 14 Agustus 1929. Beliau mengecap pendidikan di Ibtidaiyah dan Sekolah Rakyat (1942), Sekolah Menengah Islam (1952), Sekolah Guru Agama Atas (SGAA) Padang Panjang (1955), Universitas Muhammadiyah - Jakarta Fakultas Tarbiyah (1965), dan Universitas Ibnu Chaldun – Jakarta, Fakultas Ushuluddin (1967).

Abujamin Roham pernah menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Tarbiyah (1965-1974), Dosen Fakultas Ushuluddin Universitas Ibnu Chaldun –Jakarta (1965-1974), dan Dosen Agama Islam Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta (1967-1992). Selain itu ia juga pernah menjadi Pembina Mental dan Rohani karyawan Bulog.

Di bidang jurnalistik, Abujamin Roham pernah menjadi wartawan Harian Abadi, anggota Redaksi Majalah Suara Masjid, dan Pemimpin Redaksi Tabloid Jum’at. Ia juga pernah mengisi ruang pendidikan agama Islam di RRI Jakarta.

Beberapa karya yang ditulis beliau, diantaranya: Islam dan Kristen (Penerbit Tintamas, 1967), Jangan Berkebun di Ladang Orang (Seri Kristolog), Dapatkah Islam dan Kristen Hidup Berdampingan?, Tanya-Jawab Islam-Kristen,  Kebenaran Risalah Muhammad Saw (Bulan Bintang, 1970), Bible dan Qur’an (Perjanjian Baru), Bible dan Qur’an (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru), Sorga di Bawah Telapak Kaki Ibu (Media Dakwah, 1989), Shalat Tiang Agama (Media Dakwah), Hadits Teladan Amal, Qur’an untuk Orang Hidup,  Agama Wahyu dan Kepercayaan Budaya, Aku Naik Haji, dan masih banyak lagi.

Saat ini almarhum disemayamkan di rumah duka di Komplek Bulog, Ramamangun, Jakarta. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui, akan dimakamkan dimana. Selamat jalan guru kami, semoga Allah Swt mengampuni segala dosa. Dan semoga kami dapat meneruskan perjuangan beliau dalam membentengi akidah umat Islam. [desastian]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top