Kamis, 13 September 2012
0 komentar

Gerakan Pramuka, Ambalan Jankar MA Darul Ulum Purwogondo

22.12
Ambalan Janur Kuning MADU

Gerakan Pramuka Gugus Depan MA Darul Ulum Purwogondo, Kalinyamatan, Jepara. Ambalan Janur Kuning (10.089) dan Ambalan Kartini (10.094). Ambalan ini yang sudah berdiri sejak tahun 1978 M. Pembina Ambalan Jankar yang waktu itu pertama kalinya dipegang oleh Bapak Suparman, B.Sc, S.Pd. Dan waktu itu juga Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) oleh H. I'tishom Solhan, S.Sos, M.Ag. Sampai sekarang ini alhamdulillah Ambalan Jankar masih mampu bertahan dan berdikari di Gerakan Pramuka.

Begitu banyak manfaat yang saya dapatkan di kegiatan Pramuka, dimana dengan kegiatan pramuka saya bisa belajar kedisiplinan melalui Baris berbaris, memberikan pendidikan karakter pada anak didik pramuka. Sebagai contoh dalam kegiatan Perkemahan misalnya anak-anak tidak bisa jalan sendiri-sendiri. Mereka harus bekerja sama dalam satu regu baik mendirikan tenda , memasaknya sampai dengan mengikuti kegiatan lomba.

Ambalan Kartini MADU
Secara tidak langsung dalam kegiatan Pramuka ini para pramuka dilatih untuk hidup bersama-sama dan harus saling bekerjasama, saling menghormati dan juga kesetiakawanan. Selain itu anak juga dilatih hidup mandiri dan juga sederhana . Dalam perkemahan untuk makan mereka harus menyediakan sendiri dan menu-nyapun seadanya. Yang biasanya makan disiapkan orang tua mereka harus membuat sendiri.

Begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan dari kegiatan pramuka misal saja mengikuti berbagai lomba, misalkan Lomba Survival dan Perkemahan Wirakarya, Raimuna Cabang (Raicab), Napak Tilas Ratu Kalinyamatan dan sebagainya. Adapun banyak juga kegiatan internal yang pernah saya ikuti misal Pelantikan Bantara-Laksana, Latihan Dasar kepemimpinan Pramuka dan sebagainya.

Dulu ketika saya masih SD sampai SMA, saya ingin mengabdikan diri sebagai anggota POLRI. Namun sayang cita-cita itu kandas di tengah jalan dikarenakan ketiadaan biaya dan tidak direstui orang tua. Meski dari segi phisik dan kemampuan dia memenuhi syarat namun keinginannya itu terganjal oleh penyediaan sejumlah uang agar ia diterima. Namun karena ia datang dari golongan kurang mampu maka cita-citanya itu kandas di tengah jalan. 

Tetapi sekarang ini saya bersyukur karena saya masih bisa melanjutkan study saya di Fakultas Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jakarta. Semoga kuliah saya ini berjalan lancar dan sesuai target 4 tahun lulus. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top